WakemeUp: Menidurkan & Membangunkan PC Secara Otomatis

WakemeUP

  • Sleep dan Weak up PC dengan schedule timer
  • Mode sleep atau stand-by S1, S3 or Hibernate
  • Timer lengkap dengan setting hari, minggu , bulan bahkan tahun
  • Timer sleep dapat diatur dalam beberapa waktu sesuai daftar
    Support MP3 (MPEG1 Layer 3), WMA (Windows Media Audio), OGG (Ogg Vorbis), CDA (CD track), WAV atau M3U (playlist) playback untuk suara peringatan

Bayangkan bila komputer anda bisa melakukan tugas sendiri untuk tertidur / sleep / stand-by dalam waktu tertentu dan kembali bangun / wake-up sesuai waktu yang anda tentukan.

Contoh saja, anda memiliki komputer dikantor untuk mendownload email yang sangat besar, terkadang harus menunggu lama untuk mendownload email seluruhnya dipagi hari. Tentu sangat memudahkan perkerjaan bila computer dijadikan alat pintar untuk dapat bekerja dengan membangunkan computer secara otomatis.


Bila anda mengunakan WakeMeUp software, maka computer dapat diatur sesuai jadwal yang anda inginkan. Misalnya dipagi hari sebelum anda masuk kekantor, komputer anda sudah bekerja dan mendownload otomatis email ataupun file pada pukul 3 pagi. Lalu anda dapat melakukan seting untuk kembali tertidur sleep dalam beberapa jam setelah itu.

Ketika anda datang, maka komputer anda sudah siap dengan file atau email yang terdownload dalam mailbox anda. Cara ini tentu menghemat waktu kerja, sebagian waktu yang digunakan computer sudah dilakukan secara otomatis.

WakeMeUp adalah sebuah software khusus untuk menidurkan dan membangunkan komputer. Setting dapat dilakukan dalam harian, minggu, waktu tertentu dan lainnya. Waktu sleep dan weak-up dapat diatur secara bersamaan. Atau anda dapat melakukan seting pada computer untuk sleep saja pada waktu tertentu.

Timer Sleep dan Weak-up

WakeMeUp dapat diatur sesuai kebutuhan. Anda dapat mengatur waktu untuk sleep dan wake-up komputer sesuai rencana anda. Misalnya anda membutuhkan seting setiap hari untuk computer bekerja pada jam 1 pagi dan sleep pada waktu 5 pagi. Anda bisa memasukan sebuah daftar didalam list. Software WakeMeUp mengijinkan pemakai memberikan beberapa timer waktu dari seting yang dibutuhkan.

Waktu timer dapat diatur

Aturan timer dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Misalnya anda ingin mengatur bagi waktu setiap hari atau setiap minggu agar komputer kembali bekerja. Setiap waktu yang sudah diatur nantinya dimasukan didalam list skedul anda. Misalkan setiap hari sabtu pagi, komputer anda dapat bangun pagi pada jam 6 sampai jam 7 pagi, dan anda dapat mengambil data di kantor melalui koneksi internet. Pengaturan timer dari Wakemeup sangat fleksibel, karena dapat dibuat dalam beberapa waktu rutin atau hanya waktu tertentu yang anda butuhkan untuk membangunkan dan menidurkan PC anda kembali.

List dari WakeMeUp

WakeMeUp mengijinkan pemakai menambahkan time schedule dari masing masing waktu. Anda dapat memasukan list untuk kebutuhan kapan komputer harus tertidur dan bangun kembali sesuai jadwal anda. Pada gambar dibawah ini adalah satu list untuk menidurkan komputer pada jam 4 sore.

Setup S1, S3 dan Hibernate

Setup WakeMeUp membutukan setting pada BIOS PC atau notebook.

Untuk setting S1 kondisi stand-by maka PC akan tidur tetapi hardware tetap diberikan power. Perangkat harddisk , fan dan lainnya tetap bekerja. Posisi LED power akan berkedip sebagai tanda komputer diposisi siaga.

Setting S3, membuat PC benar benar Deep Sleep atau seluruh perangkat tidak mendapatkan power sampai program kembali menjalankan posisi wake-up pada PC. Kondisi Deep Sleep dengan setting S3 membuat kondisi PC tidak memiliki tanda apapun karena konsumsi power dibuat seminimal mungkin.

Kombinasi S1 dan S3, adalah kondisi dimana power seluruhnya mati, tetapi lampu power LED tetap berkedip sebagai tanda.

Untuk posisi Hibernate berbeda, seluruh hardware tidak mendapatkan power. Tetapi sebelum melakukan Deep Sleep, komputer melakukan backup program yang ada pada memory kedalam harddisk. Pilihan dengan status Hibernate umumnya diperlakukan pada notebook.

S1 S3 S1&S3 Hibernate
Power On Off Off Off
Power LED Blink Off Blink
Sleep status Stand-by Deep Sleep Deep Sleep Deep Sleep

Result

WakeMeUp memang membuat komputer anda tertidur, khususnya pada komputer dengan fitur S3 atau notebook dengan kemampuan Hibernate. Terdapat 2 option suara alarm ditempatkan dari buzzer atau pc speaker bagi alarm ketika komputer kembali terbangun ataupun melalui sound card dapat dijadikan bunyi signal ketika komputer kembali diposisi siap bekerja. Kondisi deep sleep dari kemampuan PC pada S3, membuat seluruh perangkat computer benar benar mati sementara waktu, dan aplikasi tersimpan didalam memory sebelum dipanggil kembali ketika komputer dibangunkan. Wakemeup sangat menguntung bagi pemakai yang menginginkan komputer dapat bekerja secara otomatis. Tugas tugas tertentu didalam pekerjaan atau hobi nantinya dapat dijalankan oleh komputer tanpa mengenal waktu. Misalnya anda membutuhkan komputer untuk mendownload file atau email yang cukup besar, maka Wakemeup dapat diatur untuk memgambil file dimalam hari ketika internet dalam kondisi lebih lancar. Atau anda dapat mengatur file server agar tertidur setelah jam kerja dan kembali on pada pagi harinya tanpa sentuhan tangan operator.

Kendala mengunakan WakeMeUp adalah pada power komputer. Untuk WakeMeUp memang harus menyiapkan komputer dengan power yang terus terhubung. Ketika computer mengalami kegagalan power atau tidak mendapat power maka PC tidak dapat kembali bangun sesuai jadwal yang direncanakan.

Kata akhir bagi Wakemeup, software utility ini benar benar powerfull, karena banyak kegunaan bagi mereka yang menginginkan computer dapat bekerja secara otomatis dari program pemakai.

Anda tertarik dan ingin mencobanya??? Kunjungi aja www.highspheres.com

Dikutip dari : www.obengware.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s