Study Tour Ke TNTP

Study Tour Ke TNTPSabtu, 09/02/08 kami berangkat ke Kumai untuk selanjutnya transit menggunakan kelotok (baca: perahu motor) melintasi sungai Sekonyer untuk menuju Camp Leakey di Taman Nasional Tanjung Puting.

Naik Kelotok

Kegiatan ini adalah merupakan kegiatan Study Tour yang diikuti siswa-siswi kelas I (satu) Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu.

Saya yang terlibat selaku salah satu pembimbing kegiatan plus selaku seksi dokumentasi trus mengabadikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Perjalanan di mulai dari pelabuhan kantor Badan TNTP di Kumai. Dengan menggunakan kelotok sebanyak 3 (tiga) buah kami berangkat menuju Camp Leakey. Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih 4 (empat) jam tidak membuat kami bosan karena selama perjalanan diisi dengan kegiatan presentasi siswa tentang informasi seputar Taman Nasional Tanjung Puting. Kegiatan tersebut dipandu oleh Pemandu dibantu guru mata diklat produktif Program Keahlian Usaha Jasa Pariwisata. Ditambah gelak canda tawa guru dan siswa membuat suasana makin santai sehingga tak terasa kami tiba di Camp Leakey.

Bercengkrama di atas kelotok

Setelah sampai di Camp Leakey kami beristirahat sejenak untuk makan siang di kelotok. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Information Center. Di Information Center tersebut kami menerima penjelasan tentang TamanNasional Tanjung Puting serta upaya perlindungan dan pelestarian Orangutan serta satwa dan tumbuhan yang dilindungi di kawasan tersebut. Penjelasan dari GuideDan di sana juga terdapat foto-foto serta informasi mengenai satwa dan tumbuhan yang dilindungi. Setelah selesai menggali informasi di Information Center, kami segera melanjutkan perjalanan dengan melakukan tracking menuju Feeding (baca: tempat pemberian makan bagi orangutan). Selama dalam perjalanan pemandu wisata menjelaskan nama-nama tumbuhan dan khasiatnya.

Penjelasan dari GuideDi dalam perjalanan kami menjumpai salah satu Orangutan yang masih dalam proses rehabilitasi. Namanya Siswi, salah satu Orangutan betina yang ada di kawasan Camp Leakey. Menurut perawat yang kami jumpai, Siswi ini adalah merupakan ‘kembang hutan (baca: idola)’ bagi para Orangutan jantan terutama bagi si Tom: Sang Penguasa komunitas Orangutan yang ada disitu.

Saat ketemu Siswi tak lupa ku sempatkan berfoto bersamanya. Dan saat berfoto ada kejadian lucu dan membuat jantungku berdebar. Siswi si orangutan tersebut meraba-raba pahaku dan hampir meraba bagian terlarang. Wuih…, aku jadi ketakutan saat itu. Lihatlah ekspresiku saat difoto. Walah-walah ternyata Orangutan juga kesemsem ma Orang Kota. Hahahahahaha :)).Foto Ma Siswi

Dan uniknya lagi si Siswi juga bisa berfose layaknya seorang model. Wuih ternyata dia juga belajar dunia modeling kali ya….hehehehehe.

Di Feeding kami banyak menjumpai Orangutan dewasa yang sedang menyantap makanan yang diberikan oleh para petugas TNTP. Dan kami menyaksikan aktivitas mereka dan tingkah laku hewan primata tersebut.

Setelah terasa cukup kami kembali ke kelotok untuk melanjutkan perjalanan ke Camp Tanjung Harapan dan rencananya kami akan bermalam di sana.

Di dalam perjalanan menuju Camp Tanjung Harapan kami menjumpai beberapa primata di antaranya Bekantan, Kelasi, dan Monyet Ekor Panjang. Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Selain mengenal alam kami juga begitu menikmati perjalanan tersebut.

Tak terasa kami pun tiba di Camp Tanjung Harapan hampir Maghrib. Kami pun bergegas untuk mandi dan ibadah. Setelah itu kami bersama-sama makan malam di Guest House. Selanjutnya kami mengadakan diskusi bersama siswa-siswi dan pemandu.

Sekitar jam 11 malam kami pun mulai beranjak untuk ‘berlayar ke pulau kapuk’ (baca: tidur). Siswa-siswi pun berhamburan kembali ke Guest House-nya masing-masing. Karena Guest House-nya terbatas maka kami Guru-Guru dan Pemandu memutuskan untuk tidur di kelotok. Lumayan dinginnya dan ditambah nyamuk-nyamuk nakal mulai mencari mangsa. Untuk saat itu aku tak lupa membawa lotion anti nyamuk. Akhirnya ku lumuri tangan, leher dan kaki dengan lotion tersebut, berikutnya ku tutupi lagi dengan jaket tebal dan selimut. Dan tubuhku mulai kembali hangat. Dan aku pun dapat tertidur dengan pulas sampai pagi.

Jam 5 pagi, siswa-siswi dah mulai pada bangun, suara mereka mulai terdengar ramai bercengkrama dan ada juga yang mulai mandi. Suara gemericik air mulai terdengar di telingaku. Akhirnya akupun bangun juga dari tempat tidur. Dan langsung beranjak untuk mandi dan ibadah.

Pagi harinya sekitar jam 7.30 kami melanjutkan perjalanan menuju Camp Pondok Tanggui yang sebelumnya kami sarapan bersama terlebih dahulu. Perjalanan ke Camp Pondok Tanggui memakan waktu kurang lebih 1 jam setengah. Setelah sampai di Camp Pondok Tanggui kami langsung membagi kelompok. Ada 3 (tiga) kelompok yang terbagi. Dan aku pun dapat kelompok 3. Kami pun mulai melanjutkan tracking ke Feeding di Camp Pondok Tanggui. Lumayan juga perjalanannya, sekitar 1 jam berjalan melintasi hutan menyusuri jalan setapak yang sudah ada. Di dalam perjalanan kami mendengar bunyi suara Orangutan yang kemungkin sedang berkomunikasi dengan kawan-kawannya. Sesampainya di Feeding kami tidak menjumpai Orangutan di sana. Akhirnya petugas membuat suara tiruan untuk memanggil Orangutan. Cukup lama kami menunggu dan akhirnya terdengar suara pohon bergoyang.

Dari kejauhan kami melihat seekor Orangutan betina sambil menggendong anaknya. Orangutan tersebut menghampiri Feeding dan memakan makanan yang disediakan di Feeding tersebut. Tidak begitu lama Orangutan tersebut di sana. Setelah terasa cukup dia pun meninggalkan Feeding dan kembali menjauh dari kamu dan lenyap di telan lebatnya hutan di Camp Pondok Tanggui.

Setelah itu kami kembali melakukan tracking dengan track (baca: jalur) yang berbeda. Kali ini jalannya sedikit memutar. Setelah lami berjalan ternyata pemandu lupa track yang akan di lalui tersebut. Akhirnya kami pun memutuskan untuk kembali menuju Feeding setelah hampir mendekati Feeding kami pun menjumpai track lainnya dan akhirnya kami melintasi track tersebut.

Di tengah perjalanan kami menjumpai Menara Pengawas. Dan kami pun menaiki Menara Pengawas tersebut. Di atas menara tersebut kami memandangi hijaunya hutan yang begitu luas bak Zambrud Khatulistiwa. Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju kelotok.

Setelah sampai di kelotok kami beristirahat sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan ke Camp Pasalat (lokasi Pembibitan Tanaman Yang Dilindungi). Kali ini kami melakukan tracking di jembatan panjang. Karena di kawasan tersebut merupakan daerah rawa. Sedangkan di Camp Leakey dan Camp Pondok Tanggui bukan merupakan daerah rawa. Sekitar kurang lebih 1 Km, kami pun tiba di lokasi Pembibitan. Di sana kami mendapat penjelasan tentang cara pembibitan dan lamanya waktu pembibitan. Di samping itu pula kami pun dijelaskan jenis-jenis tanaman yang dilakukan penyemaian dan pembibitan. Di situ kami dapat melihat dengan mata kepala sendiri jenis tanaman yang selama ini kami belum pernah melihat jenis tanaman yang dilindungi dan sudah sangat langka untuk di jumpai di hutan Kalimantan karena adanya Illegal Logging dan HPH.

Jenis tanaman tersebut seperti Ulin, Ramin, Bengkirai, Gaharu, Nyatoh, Keruing dan lain-lain. Dan di situ pun aku dapat melihat buah kayu ulin yang selama ini aku hanya pernah melihat kayu ulin tersebut sudah menjadi bentuk balokan.

Setelah cukup mendapat penjelasan kami pun diberi oleh-oleh bibit dari tanaman tersebut untuk ditanam di sekolah kami sebagai bentuk kepedulian untuk melestarikan tanaman yang dilindungi.

Pada saat kami mau kembali ke kelotok ternyata ada salah seorang siswa yang jatuh pingsan. Mungkin karena kecapekan setelah menempuh perjalanan. Akhirnya kami beramai-ramai menggotong yang bersangkutan untuk dibawa ke kelotok. Sesampainya dikelotok kami coba untuk membuat dia siuman. Setelah beberapa lama akhirnya dia pun siuman dan kami pun sedikit lega.

Setelah itu kami pun kembali ke Guest House di Camp Tanjung Harapan untuk mengadakan acara penutupan. Setelah berkumpul semua kami mengadakan acara penutupan yang dihadiri oleh Pegawai Kantor TNTP, Petugas Tanjung Harapan, Pemandu, Guru-Guru dan Siswa-Siswi.

Tak lupa dalam kesempatan itu pula kami memberikan sedikit bingkisan untuk para Petugas yang telah rela dan tulus ikhlas mengabdikan diri menjadi petugas untuk melestarikan hewan langka yaitu Orangutan yang merupakan maskot kebanggaan daerah kami dan begitu juga dari pihak Taman Nasional secara simbolis mereka juga memberikan oleh-oleh berupa bibit tanaman Agathis untuk di tanam di sekolah kami.

Setelah selesai acara penutupan kami pun melanjutkan perjalanan untuk pulang kembali ke Kumai. Setelah menempuh waktu kurang lebih 4 jam kami pun tiba dengan selamat di pelabuhan Kantor TNTP sekitar pukul 16.30.

Setelah itupun kami berpencar kembali ke rumah masing-masing dengan jemputan masing-masing.

Wah sungguh perjalanan Study Tour yang tak terlupakan. Banyak ilmu dan pengetahuan yang kami peroleh dan sekaligus dapat melakukan refreshing.

That is a good day……….never forget…….. 🙂

Iklan

3 thoughts on “Study Tour Ke TNTP

  1. gusbali berkata:

    Saya sangat tertarik untuk mengujungi TNTP dari dulu, bulan maret ini saya baru ada waktu dan berencana kesana.

    Saya cari-cari info di web dan ketemu ddgn web Bapak ini. Bertambah besar lagi minat saya jadinya.

    Mohon bantuanya Pak, untuk informasi sbb:
    1. Berapa biaya taxi dari Airport ke penginapan.

    2. Penginapan di Pangkalan Buun yang cukup baik dan tidak mahal. (Blue kecubung sih mahal buat saya, ada enggak yang lebih murah? tapi bagus dan nyaman).

    3. Berapa harga sewa kendaraan dari Pangkalan Bun ke Kumai?

    4. Berapa biaya karcis masuk / ijin masuk TNTP dan apa persaratanya?

    5. Berapa sewa boat per hari untuk ke Camp Leakey?
    Apakah sudah termasuk makan? kalau tidak berapa biayanya?

    Maaf, Pak. Pertanyaan saya banyak, dan semunya mengenai biaya, maklum lah saya harus hitung hitung angaran nya dulu.

    Terimakasih atas bantuan Bapak.

    Salam,
    Gusbali

    Terimakasih buat bapak yang sudi mengunjungi weblog ini, informasi yang bapak butuhkan sudah saya kirim via email

  2. Precisely how much time did it require you to publish Custom Blinds “Study Tour Ke TNTP |
    karlan08’s weblog”? It includes a large amount of great material. Thx -Steffen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s