Google Hargai Ide Brilian Senilai USD10 Juta

Punya ide yang kira-kira bisa mengubah dunia, atau paling tidak berguna untuk banyak orang? Google bakal membagi-bagikan uang tunai senilai USD10 juta untuk ide yang terpilih.

Kontes ini diadakan dalam rangka memperingati 10 tahun Google berdiri. Sekaligus mengajak masyarakat dunia untuk menyumbangkan ide-ide segarnya, yang bisa mendatangkan pengaruh besar bagi kehidupan hajat banyak. Tentu saja ide itu tak dihargai cuma-cuma, karena perusahaan raksasa ini menjanjikan uang banyak bagi pemenangnya.

Kontes berhadiah ini dinamakan Project 10^100 (baca: 10 untuk yang ke-100). Inisiatif yang datang dari Google ini nantinya akan mencari masukan dari masyarakat luas dengan keterlibatan juri panel yang akan memilih lima ide pemenang, dan akan diumumkan pada Februari mendatang. Kontes ini pertama kali diumumkan kepada publik pada Rabu (24/9) kemarin.

“Ide-ide yang masuk bisa saja kecil atau besar, berteknologi tinggi ataupun brilian, asalkan ide tersebut mempunyai efek yang besar untuk mengubah dunia atau masyarakat,” papar pihak Google seperti yang dikutip okezone dari CNN, Kamis (25/9/2008). “Kami tahu akan ada banyak sekali ide brilian yang perlu dibiayai dan didukung agar bisa terealisasai dengan baik,” tambahnya.

Ide brilian yang dimaksud Google adalah seperti Hippo Water Roller yang dikembangkan di belahan bumi Afrika. Konsep penemuan ini kabarnya sudah mengambil hati Google. Hippo Water Roller adalah semacam wadah berbentuk tong yang banyak digunakan untuk mengangkut 24 galon air dan bisa didorong tanpa harus susah payah. Alat ini memudahkan penduduk setempat yang berjalan kaki untuk mendistribusikan air segar ke rumah masing-masing.

Dalam proyek besar-besaran ini semua warga dunia diajak ikut bergabung memasukkan ide mereka dalam 25 bahasa yang berbeda secara online ke situs resmi Project 10 to the 100, hingga 20 Oktober 2008 nanti. Para partisipan harus menjelaskan secara singkat bagaimana ide yang diusung, serta menjawab enam pertanyaan yang salah satunya adalah, “Bila ide Anda terealisasi, siapa yang paling diuntungkan dan bagaimana?”.

Proses seleksi ide untuk menjadi 100 semifinalis nantinya akan dilakukan oleh beberapa karyawan Google dengan dibantu jajaran penasihat pada tanggal 27 Januari 2009. Lalu antara 27 Januari hingga 2 Februari 2009 publik akan dipersilahkan untuk memilih ide favorit mereka secara online, pada akhir periode waktu tersebut juri akan meninjau ulang 20 ide teratas dan mengumumkan lima pemenang pada pertengahan Februari 2009.

Penyerahan hadiah direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2009 dengan gambaran bila ada lima pemenang tiap orang akan dihadiahi USD2 juta, dan bila hanya ada dua pemenang yang terpilih, tiap-tiap orang akan menerima USD5 juta.

Sayangnya juru bicara Google yang dimintai keterangan menolak memaparkan parameter apa yang diaplikasikan dalam kontes ini. Ia hanya mengatakan bahwa ide yang bagus adalah ide yang dialamatkan ke berbagai isu dunia seperti penyediaan makanan dan tempat tinggal, membangun komunitas, perbaikan kesehatan, perbaikan pendidikan, mendukung ekosistem global, dan mempromosikan energi bersih bebas polusi.

“Kami tidak akan membatasi ide yang masuk karena kami menginginkan ide yang mencakup semua hal,” ujar product marketing manager Google Bethany Poole yang ikut mendampingi managing director of Google’s Creative Lab Andy Berndt saat pengumuman proyek ini di CNN. “Menurut kami ide-ide bagus bisa datang dari mana saja,” tambahnya.

Harapan Google, proyek besar ini dapat merangkul semua kalangan, tak hanya dari kalangan laboratorium atau universitas, sehingga terkumpul banyak solusi untuk kebaikan bersama.

Project 10^100 diklaim tidak seperti kontes Lunar X PRIZE yang juga disponsori Google dengan menjanjikan hadiah USD30 juta. Perbedaan yang membedakan adalah kompetisi tersebut berkaitan dengan misi luar angkasa. Dalam kontes tersebut tim pertama yang mendarat di bulan dan bisa menyelesaikan misi akan dihadiahi USD20 juta. Dilaporkan ada 16 tim yang berpartisipasi dalam kontes ini.

Kembali ke Project 10^100, ide yang nantinya masuk tidak harus disertai dengan keahlian teknis dalam penerapannya. Selain itu, pihak Google juga belum memutuskan bagaimana menyokong ide yang terpilih, dalam bentuk finansial, bila hadiah yang diberikan sudah habis.

“Proyek online ini membuka kesempatan yang selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin memasukkan ide orisinilnya. Google berharap bisa menghubungkan banyak pihak melalui ide-ide bagus untuk akhirnya diaplikasikan oleh organisasi-oragnisasi amal,” terang Poole menutup penjelasan.

Sumber : ForumBebas.com

2 thoughts on “Google Hargai Ide Brilian Senilai USD10 Juta

  1. ini hadiahnya untuk 100 orng atau untuk 5 orang saja ya..?

    antara 2 s.d 5 pemenang.
    Baca paragraf yang ini :

    Penyerahan hadiah direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Mei 2009 dengan gambaran bila ada lima pemenang tiap orang akan dihadiahi USD2 juta, dan bila hanya ada dua pemenang yang terpilih, tiap-tiap orang akan menerima USD5 juta.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s