Microsoft buru pencipta worm Downadup/Conficker, hadiah $250.000

Raksasa sofware, Microsoft menawarkan imbalan sebesar $250,000 untuk menangkap pencipta worm Downadup/Conficker.
Sejak mulai beredar Oktober 2008, piranti lunak jahat jenis worm Conficker telah menjangkiti jutaan komputer di seluruh dunia.

Microsoft kini menawarkan uang tunai, sebab menurut raksasa software itu, Conficker serangan kriminal.

“Orang yang menulis piranti lunak jahat (malware) harus diminta pertanggungjawaban,” kata George Stathakopulos dari Trustworthy Computing Group Microsoft.

Dia mengatakan kepada BBC, perusahaan tersebut “tidak rela untuk berpangku tangan dan membiarkan kegiatan ini tidak terkendali”.

“Pesan kami sangat jelas – siapa pun yang menciptakan ini menyebabkan penderitaan yang berarti bagi para konsumen kami, dan kami mengirimkan pesan bahwa kami akan melakukan apa saja yang kami bisa untuk membantu menahan anda,” ujar Stathakopulos.

Arbor Networks mengatakan, sekitar 12 juta komputer mungkin terjangkit oleh Conficker/Downadup di seluruh dunia sejak worm itu mulai menyebar di internet dan mengincar komputer yang rentan terhadap virus pada bulan Oktober.

Conficker adalah program komputer yang bisa menggandakan diri. Program jahat ini bisa mengambilalih kompyter yang tidak memiliki security patch terkini Windows.

Melalui USB

Worm ini bisa menjangkit mesin melalui jaringan internet atau bersembunyi di USB memory drive untuk membawa data dari komputer ke komputer.
Begitu masuk dalam komputer, Conficker sulit dibersihkan karena berada jauh di dalam sistem piranti lunak komputer tersebut.
Program jauh ini menyebar ke jaringan komputer dengan menebak username dan password.

Para spesialis security komputer menganjurkan memperkuat password dengan menyertakan angka, tanda baca dan huruf besar.
Virus komputer ini melapor kepada penciptanya untuk mendapatkan update dengan mengunjungi web domain.
Malware seperti Downadup bisa dipicu untuk mencuri data, atau mengalihkan kendali komputer yang terjangkit ke hacker jahat yang kemudian mengubahnya menjadi barisan botnet atau komputer yang bisa dikendalikan dari jauh.
Jaringan komputer yang telah terjangkit itu bisa digunakan untuk mengirim spam, tempat untuk menyimpan data curian atau bajakan dan melancarkan serangan terhadap mesin komputer lain.

Meski Downadup terseba rluas, pencipta belum mengaktifkan payload program ini atau melancarkan serangan lain.
Program jahat ini telah memusingkan administrator jaringan yang harus melayani pengguna yang tidak bisa masuk ke account komputer mereka ketika worm itu berhasil menerka password.

Meski Microsoft menyatakan tidak tahu niat si pencipta worm, raksasa industri software itu ingin memastikan program jahat itu tidak menimbulkan kekacauan lebih lanjut.

Para pakar komputer mengatakan, pengguna sebaiknya segera memperbaharui piranti lunak antivirus mereka dan menginstall pacth MS08-067 atau KB958644 dari Microsoft

Iklan

5 thoughts on “Microsoft buru pencipta worm Downadup/Conficker, hadiah $250.000

  1. Luar biasa sekali dampak virus yang satu ini sampai-sampai Microsoft membuat sayembara, padahal bukankah programming microsoft hebat-hebat ya 🙂 ?

    ya mungkin Microsoft jengkel banget gara2 dipingin pusing sama si pembuat worm Conficker/downadup kali…! 😀

  2. serverku terinveksi nih ma virus conflicker, waah klo ketemu ama pembuatnya pengen gw jitak jitak palanya gw repot ulahnya dia sih weleh weleh…. gak biasanya begadang jadi begadang deh wakkkkkkkkkkkk,,,,

    nice onfo om, salam kenal ya om

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s